Bahaya Abu Vulkanik Bagi Kesehatan

tips kesehatanAkhir-akhir ini memang negara Indonesia sedang dilanda bencana gunung meletus. Tidak hanya satu saja namun beberapa tempat yang berbeda dengan intensitas yang tinggi tentu saja meninggalkan beberapa dampak negatif bagi penduduk sekitar. Dampak yang sangat terasa dan bisa berbahaya ditimbulkan dari semburan abu vulkanik yang bisa terbawa angin dan mengganggu kesehatan orang bayak. Oleh karena itu, mewaspadai bahaya tersebut dengan mencegahnya menggunakan masker merupakan pencegahan pertama yang sangat penting. Karena, apabila tidak ditangani dan dilakukan pencegahan tentu saja bahaya dari abu vulkanik sangat nyata. Antara lain gangguan pernapasan akut dan sebagainya.

Beberapa Bahaya Terkait Abu Vulkanik

Sebagai abu dengan partikel batu kecil ini, abu vulkanik sangat berbahaya tertutama ketika masuk ke dalam saluran pernapasan. Karena berasal dari gunung berapi dan memiliki lapisan yang asam bahaya terkait masalah iritasi pada saluran pernapasan adalah nyata. Tidak mengenal siapapun yang menghirupnya semuanya memiliki dampak dan risiko yang sama. Yaitu sakit tenggorokan, susah bernapas, gejala bronkitis serta hidung meler. Masalah pernapasan akut ini menjadi contoh dari bahaya yang bisa ditimbulkan dari abu vulkanik tersebut. Apalagi bagi seseorang yang mengalami asma bisa sangat berbahaya. Adanya partikel debu yang berterbangan bisa menimbulkan iritasi serius pada mata. Yaitu bisa dengan serius menggores lapisan mata bagian kornea serta timbulnya rasa nyeri.

Sehingga mata menjadi merah, sensitif terhadap cahaya serta rasa seperti terbakar. Paparan abu vulkanik tersebut tentu saja sangat berbahaya ketika terkena mata. Bahkan selain menyerang mata dan saluran pernapasan. Abu vulkanik juga memiliki dampak langsung yang berbahaya pada kulit. Karena sifatnya yang asam, bagi sebagian orang yang memang memiliki kulit sensitif bisa menyebabkan infeksi yang berkepanjangan. Mengetahui beberapa bahaya dari pengaruh abu vulkanik ini tentu saja perlunya dilakukan pencegahan pertama. Apabila tidak, tentunya banyak orang yang mengalami masalah serius. Cobalah untuk selalu menggunakan masker, kacamata serta jaket sebagai cara pertama untuk pencegahan dari bahaya abu vulkanik tersebut.

Related posts: